Rabu, 21 Januari 2009

Pelantikan Obama Ditonton Juga di Luar Angkasa

TEXAS - Tidak hanya warga di Bumi saja yang antusias menyaksikan acara pelantikan Barack Obama. Beberapa astronot yang berada nun jauh di luar angkasa pun turut menyaksikan momen bersejarah itu.

Para astronot yang tinggal di International Space Station (ISS) di luar angkasa bisa turut merasakan euforia dari pentahbisan Obama sebagai Presiden ke-44 Amerika Serikat. Meski jarak antara luar angkasa dengan Bumi terpaut jutaan kilometer, namun mereka dapat menyaksikannya secara langsung.

"Selamat kepada Presiden baru Amerika Serikat," tukas komandan ISS dari NASA, Michael Fincke, seperti yang dilansir Space, Rabu (21/1/2009).

Flincke bersama beberapa krunya merasa senang dapat menyaksikan langsung pelantikan tersebut dari luar angkasa. Mereka yang pada pemilihan lalu juga memilih dari luar angkasa, tidak dapat pulang ke Bumi karena panggilan tugas yang harus diembannya.

Para kru dari badan antariksa NASA itu juga mengucapkan terima kasih kepada Jhonson Space Center di Houston, Texas, yang bisa turut membantu hadirnya siaran langsung dari Bumi, sehingga bisa diterima dengan baik walaupun terpisah jutaan kilometer.

Kru yang dipimpin oleh Flincke ini memang telah 8 tahun menghabiskan waktunya di antarikasa. Tercatat sejak Oktober 2000 mereka telah tinggal jauh dari Bumi. Walaupun kini tengah menjadi "warga luar angkasa", para astronot berharap perubahan dari kebijakan baru yang akan dihadirkan presiden kulit hitam pertama di Negeri Paman Sam itu. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar