Rabu, 21 Januari 2009

Bapak " Green Revolution" Dunia

Seorang ilmuwan pertanian berusia 93 tahun dinobatkan sebagai Bapak “Green Revolution” Dunia. Pria ini dinyatakan berhasil memerangi kelaparan di dunia.

President George W. Bush menobatkan Norman Borlaug karena dedikasinya dalam penanganan kelaparan di dunia lewat program “Double the Food Supply” di beberapa negara seperti Mexico, India dan Pakistan.

Pekerjaan Borlaug ini berawal pada pertengahan abad 20, dimana ia mampu mengembangkan program ketahanan penyakit, varietas hasil gandum yang berkualitas dan bertugas di beberapa negara berkembang untuk mengembangkan tanaman panen dengan menggunakan teknologi pertanian.

Belakangan ini ia pun terfokus pada program peningkatan produksi pangan di Afrika dan beberapa negara bagian di Asia.

“Dr. Borlaug, hidup dan pekerjaannya telah menjadi inspirasi bagi 1 juta orang untuk keluar dari kelaparan,” ujar Steny Hoyer, Pemimpin Partai Demokrat Amerika, seperti dilansir Reuters, Rabu (18/7/2007).

Pada tahun 1970, Borlaug menjadi penerima Nobel pertama untuk bidang agrikultur. Tujuh tahun kemudian, Presiden Gerald Ford menghadiahinya medali emas Kemerdekaan.

Congressional Gold Medal, untuk pertama kalinya diberikan pada tahun 1776 kepada George Washington sebagai penghargaan atas dedikasinya menciptakan perdamaian, keamanan, kemakmuran dan jiwa kebangsaan pada masyarakat Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar